Laman

Jumat, 07 Januari 2011

Membatasi Akses Terhadap Task Manager


Untuk mencegah pengguna Windows agar tidak dapat memberhentikan proses-proses penting seperti scan antivirus atau proses penting lainnya, Anda dapat menggunakan Group Policy Editor untuk menon-aktifkan fitur Task Manager.
Untuk dapat melakukan langkah pencegahan tersebut, maka sebelumnya Anda harus login sebagai Administrator. Setelah berada pada privillege Administrator, Anda dapat segera menjalankan Group Policy Editor dengan cara memanggilnya melalui tool Run. Pada kotak dialog Run, ketikkan “gpedit.msc” tanpa menggunakan tanda petik. Perlu diingat bahwa fitur Group Policy Editor hanya bekerja pada sistem operasi Windows XP Professional.
Kemudian setelah jendela Group Policy Editor terbuka, maka arahkan pada User ConfigurationAdministrative TemplatesSystemCtrl+Alt Del Options. Pada panel sebelah kanan, klik ganda pada bagian Remove Task Manager dan ubah statusnya menjadi Enabled. Maka Task Manager sudah tidak dapat lagi terbuka dengan menggunakan kombinasi tombol Ctrl + Alt + Del. Namun Anda masih dapat memanggil Task Manager dengan cara mengaksesnya pada C:WindowsSystem32TaskMgr.exe, pilih Run As…, dan gunakan password Administrator.
Sesuai dengan apa yang telah saya sebutkan sebelumnya, langkah ini hanya berlaku pada sistem operasi Windows XP Professional Edition, tidak termasuk Windows XP Home Edition. Untuk dapat melakukan fungsi yang sama, maka bagi Anda pengguna XP Home Edition, Anda dapat melakukan ubahan pada System Registry. Pengaturannya terletak pada HKEY_CURRENT_USERSoftwareMicrosoftWindowsCurrentVersionPoliciesSystem. Buat sebuah DWORD value dan beri nama DisableTaskMgr, berikan value 0 pada data tersebut. Lakukan pengaturan yang sama pada HKEY_USERS.DefaultSoftware MicrosoftWindowsCurrentVersionPoliciesSystem.
Selamat mencoba, semoga bermanfaat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar